Rabu, 09 Agustus 2017

KONTRAK PERKULIAHAN



KONTRAK PERKULIAHAN

Mata Ajar
: Keperawatan Komunitas II ( keperawatan Keluarga)
Beban Studi
: 2 SKS
Kelas/Prodi
: Reguler / Prodi S1 Ilmu Keperawatan
Semester / Tahun
: V / 2015 – 2016
Koordinator Mata Ajar
: Galia Wardha Alvita  Ns., M.Kep
Waktu Perkuliahan
: Rabu, 09.00 – 10.15
Tim Pengajar
TEAM

Text Box: 1.	MANFAAT MATA AJAR 


Keperawatan keluarga merupakan salah satu ilmu bidang keperawatan yang perlu.dikuasai oleh perawat sebagai perawat promotif dan preventif kepada keluarga binaan. Dalam mata  ajar ini mahasiswa akan mempelajari tentang konsep dasar keluarga, peran perawat keluarga, dan proses keperawatan keluarga. Sehingga. Mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan kepada keluarga baik sehat sakit dengan memperhatikan aspek bio, psiko, sosial cultural dan spiritual yang menjamin keselamatan klien (patient safety) sesuai standar asuhan keperawatan dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah tersedia

Text Box: 2.	DISKRIPSI PERKULIAHAN 


Mata ajar  kepeerawatan keluarga membahas tentang konsep dasar keluarga dan keterampilan klinis memberika asuhan keperawatan keluarga kepada keluarga binaan. Berdasarkan hal tersebut maka akan membantu mahasiswa berfikir sistematis dan komprehensif dalam mengaplikasikan konsep promotif dan preventif kesehatan kepada keluarga binaan dengan pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar pemecahan masalah




Text Box: 3.	CAPAIAN KOMPETENSI 


Capaian kompetensi yang diharapkan dari proses pembelajaran ini adalah mahasiswa mampu menguasai kompetensi yang ada di dalam setiap bahan kajian  keperawatan keluarga dengan indikator:
1.      Mahasiswa mampu melakukan simulasi asuhan keperawatan keluarga dengan tingkat perkembangan keluarga dengan memperhatikan aspek legal, etik, dan peka budaya.
2.      Mahasiswa mampu melakukan simulasi pendidikan kesehatan  kepada keluarga binaan.
3.      Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah penelitian yang berhubungan dengan keperawatan keluarga dan menggunakan jurnal-jurnal  penelitian dalam mengatasi masalah  kesehatan keluarga.
4.      Mahasiswa mampu melakukan simulasi pengelolaan asuhan keperawatan keluarga  pada keluarga binaan pada berbagai tahap perkembangan keluarga
5.      Mahasiswa mampu mendemonstrasikan intervensi keperawatan keluarga pada berbagai tingkat perkembangan keluarga dengan standar yang berlaku dengan berfikir dan inovatif sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan efektif.

Text Box: 4.	STRATEGI PERKULIAHAN 

Metode pembelajaran yang digunakan pada pada mata ajar ini, terdiri dari pembelajaran Small Grup Discussion (SGD), Problem Based Learning, presentasi, penugasan terstruktur, dan simulasi/roleplay. Dengan metode pembelajaran tersebut, diharapkan mahasiswa mampu mengungkapkan ide, pendapat dan pemahaman serta  berpartisipasi aktif saat diskusi.






Text Box: 5.	MATERI/BACAAN PERKULIAHANBuku bacaan yang dapat digunakan sebagai sumber referensi adalah:
1.               McMurray, A. 2003. Community Health and Wellness a Socioecological Approach. Sydney Australia :Mosby
2.               Pender, N. (1996). Health Promotion in Nursing Practice. Appleton & Lange: Stamford
3.               Stanhope, M. and Lancaster, J. 2002. Foundations of Community Health Nursing.United States of America: Mosby
4.               Achjar KAH, 2012, Asuhan Keperawatan Keluarga Bagi Mahasiswa dan Praktisi Perawat Puskesmas, Sagung Seto
5.               Bailon, S.G, dan Maglaya, A.S. 1973. Family Health Nursing : The Process. Philippiness : UP College on Nursing Dilliman
6.               Bulechek GM, Butcher HK & Dochterman JM, 2013, Nursing Interventions Classifications (NIC),  Elsevier.
7.                Ekasari MF dkk, 2006, Panduan Pengalaman Belajar Lapangan: Keperawatan Keluarga, Keperawatan gerontik dan Keperawatan Komunitas, EGC
8.               Friedman , M.M, 2010, Keperawatan Keluarga  : Teori dan Praktik, EGC – Jakarta
9.               Herdman TH,2012, Diagnosa Keperawatan: Definisi & Klasifikasi, EGC  
10.           Kemenkes RI Pusat Promkes, 2011,  Pedoman Pelaksanaan Promosi Kesehatan Di Puskesmas
11.           Moorhead S, Johnson M, L. Maas M, & Swanson E, 2013, Nursing Outcomes Classification (NOC), Elsevier
12.           Pemerintah Propinsi Jawa barat dinas Kesehatan, 2010, Petunjuk Teknis PHBS di Rumah Tangga
13.           Pemerintah Propinsi Jawa barat dinas Kesehatan, 2010, Petunjuk Teknis PHBS di Rumah Tangga
14.           Peters M, 2007, Panduan Praktis Merawat Keluhan Kesehatan di Rumah: Home Doctor, PT Dian Rakyat Jakarta.
15.           Rampengan, Laurentz, 1997, Penyakit Infeksi Tropik Pada Anak, EGC 17) Sudiharto, 2007, Asuhan Keperawatan Keluarga dengan Pendekatan Keperawatan \Transkultural, EGC, Jakarta.
16.           Suprajitno ,2004,  Asuhan Keperawatan Keluarga : Aplikasi dalam Praktik,   EGC – Jakarta
17.           Triwibowo C, 2012, Home Care Konsep Kesehatan Masa Kini, Nuha Medika
Disamping itu, mahasiswa juga dapat menggunakan sumber pembelajaran yang mendukung materi pembelajaran, seperti jurnal keperawatan terbaru sebagai evidence based.

Text Box: 6.	TUGAS 


A.    Pada pembelajaran kelas,
1.      Setiap bahan bacaan (atau sumber lain) sebagaimana disebutkan pada jadwal program harus sudah dibaca sebelum mengikuti perkuliahan.
2.      Mahasiswa diwajibkan menyerahkan makalah asuhan keperawatan sesuai dengan jadwal materi kepada dosen pengajar sebelum mengikuti perkuliahan (maksimal H-1).
3.      Mahasiswa melaksanakan presentasi hasil diskusi kelompok sesuai dengan jadwal.
B.     Pada pembelajaran laboratorium,
1.      Mahasiswa diwajibkan menyerahkan laporan pendahuluan sesuai dengan jadwal materi kepada dosen pengajar sebelum mengikuti perkuliahan (maksimal H-1).
C.     Evaluasi akhir semester akan diadakan tanggl 20 Februari 2017 dan evaluasi praktikum akan diadakan tanggal 17 Juni 2016

Format tugas akan dibahas dalam pertemuan/sesi tersendiri
Text Box: 7.	KRITERIA PENILAIAN 


Penilaian akan dilakukan oleh pengajar dengan menggunakan criteria sebagai berikut:
Nilai
Point
Range
A
4
≥ 80
B
3
70 – 79
C
2
60 – 69
D
1
50 – 59
E
0
≤ 49

Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan pembototan sebagai berikut:
No
Kriteria Penilaian
Pembobotan
1
Kognitif  : UAS
30 %
2
Afektif
a.       Seminar
b.      Diskusi
c.       Penugasan Kelompok
30 %
3
Psikomotor (Laporan Pendahuluan dan evaluasi skill)
40 %
Total
100 %


Tidak ada komentar:

Posting Komentar